Kamis, 07 April 2011

Meuseujid Gampong lon

Masjid Nurin Niswah, Beusa Seuberang - Peureulak Barat -Aceh Timur
Nurin Niswah, Amal Jariah Rien Nasution
Rasulullah menegakkan Masjid sebagai pusat fondasi ukhuwah umat muslimin, baik secara hablumminallah maupun hablumminannas. Hablumminallah bermakna Masjid sebagai pusat beribadah seraya mendekatkan diri sepenuhnya (taqarrub) kepada Allah SWT. Hablumminannaas bermaksud Masjid berfungsi sebagai pusat tamaddun Islam yang mempertemukan umat muslim untuk bermusyawarah, belajar-mengajar ilmu-ilmu agama, serta mu’amalah.
Perintah Allah SWT di dalam Al Qur’an dan perilaku yang diperlihatkan oleh Baginda Rasululah SAW menjadi inspirasi bagi seorang muslimah yang bernama Rien Nasution. Hal tersebut menjadi acuan bagi beliau dalam memperjuangkan agama Allah SWT, yaitu dengan membangun sebuah Masjid yang bernama Masjid Nurin Niswah, yang dibangun di ujung barat, Desa Beusa Seubrang, Kecamatan Peureulak Barat, Aceh Timur.
“Ini adalah murni sebuah amalan dari seorang muslim untuk umat Islam di peureulak khususnya dan juga umat Islam pada umumnya” kata Rien Nasution dalam ucapannya pada hari yang bertepatan dengan maulid Nabi Muhammad SAW tersebut.
Alm. Syaikh Maulana H. Abdul Azis Syah
Beliau menambahkan, sebagai seorang muslim yang menegakkan syiar Islam dan sebagai umat Nabi Muhammad SAW yang sangat mencintai beliau, maka Masjid ini juga dipersembahkan untuk Alm.Syaikh Maulana H. Abdul Aziz Syah yang merupakan Sultan Islam pertama di seluruh kepulauan nusantara ini. Beliau adalah cucu ketujuh dari Rasulullah SAW, yang makamnya berkisar sekitar kurang lebih 5 km dari Masjid Nurin Niswah. “Ini murni buat amal saya dihari kelahiran Nabi SAW yang Mulia,” tambah Ibu Rien.
Pembangunan Masjid Nurin Niswah yang bergaya arsitek Turki itu terinspirasi dengan desain Masjid di Kantor Pembendaharaan Negara (KPN) di Banda Aceh.
Masjid Nurin Niswah diresmikan pada hari jum’at , tanggal 26 Februari 2010 bertepatan 12 Rabiul  Awwal 1431 H yang dilakukan oleh Ibu Rien Nasution bersama Abuya Prof. Dr. H. Tgk. Chik Muhibbuddin Waly yang disaksikan oleh Wakil Bupati Aceh Timur, Kepala Badan Dayah Pemerintah Aceh, Dandim Aceh Timur, para ulama Se-Aceh, para Muspida baik tingkat propinsi maupun kabupaten, anak-anak yatim dan masyarakat sekitar.
Pada acara maulid tersebut, Ibu Rien Nasution juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Amin.Amin ya Rabbal ‘alamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar